PhoneLads

Info seputar Sepakbola terbaru

Syamsir Alam Bercerita tentang Pengalaman Puasa di Tiga Benua

Gelandang serang Persiba Balikpapan, Syamsir Alam, bercerita tentang pengalamannya menjalankan ibadah puasa di berbagai belahan dunia. Meski begitu, menjalankan ibadah puasa di Indonesia tetap paling berkesan baginya.

Sepanjang karier sepak bolanya, Syamsir Alam pernah bertualang di tiga benua, yakni Asia, Amerika, dan Eropa. Di Benua Amerika, Syamsir pernah menghabiskan waktu bersama tim SAD Uruguay dan juga Penarol.

Dia juga bergabung untuk trial dalam beberapa bulan dengan klub Major League Soccer (MLS), DC United. Sementara itu, CS Visse menjadi klub yang dibela Syamsir saat berkiprah di Eropa, tepatnya Belgia.

Kini, Syamsir Alam tercatat sebagai salah satu pemain di klub Indonesia, Persiba Balikpapan.

“Waktu di Uruguay paling beda karena di sana pelatihnya tahu budaya Indonesia. Mereka membuat keputusan menggeser latihan setelah pemain buka puasa,” kata Samsyir.

Tantangan paling berat dijalaninya saat harus menjalankan ibadah puasa di Belgia dan Amerika Serikat.

“Kalau di Belgia dan Amerika Serikat (AS), jujur lebih sering tidak puasa karena saya kan harus ikut ritme latihan mereka, pagi dan sore,” tuturnya.

Meski menjalani banyak pengalaman di luar negeri, lelaki kelahiran Sumatera Barat ini mengaku bahwa situasi bulan Ramadhan di Indonesia adalah yang terbaik.

Semarak dan antusiasme lebih dirasakannya saat menjalankan ibadah puasa di Tanah Air daripada di negara lain.

“Kalau puasa jelas lebih enak di Indonesia karena di sini kan semarak. Kalau di luar negeri sepi, saya tidak merasa seperti puasa,” ujar Syamsir.

Sumber;; Kompas.com



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *