PhoneLads

Info seputar Sepakbola terbaru

Rooney Tak Ingin Mengekor Langkah Ibra dan Messi

Zlatan Ibrahimovic menyatakan pensiun dari tim nasional setelah gagal membawa Swedia melangkah ke fase knock-out Piala Eropa 2016. Lionel Messi mengambil langkah serupa saat Argentina tak mampu menjuarai Copa America tahun ini. Lantas, apakah Wayne Rooney bakal meneruskan tren gantung sepatu?

Dari segi usia, Rooney memang sudah tak muda lagi. Tidak terlalu banyak penyerang yang mampu menjaga produktivitas golnya tetap tinggi di umur yang sudah menginjak 30 tahun.

Torehan gol Rooney di level klub sudah mulai menurun dalam beberapa tahun terakhir. Sepanjang musim 2015-2016, ia hanya mampu mengemas 15 gol dalam 41 penampilan di semua kompetisi.

Fenomena yang terjadi di tim nasional pun tak jauh berbeda. Sepanjang 2016, Rooney baru menyumbangkan dua gol bagi The Three Lions.

Satu gol dibukukan pemilik nama lengkap Wayne Mark Rooney tersebut di ajang Piala Eropa 2016, tepatnya dalam pertandingan perdelapan final kontra Islandia, Senin (27/6/2016).

Sebagai catatan, gol tersebut tercipta melalui tendangan penalti.

Meski penampilannya sempat dipuji pada awal turnamen, Rooney telah dicap gagal memimpin Inggris untuk meraih kesuksesan di Perancis 2016. Kendati demikian, ia menolak untuk terburu-buru mengambil keputusan untuk pensiun dari tim nasional.

Rooney mengaku pergantian manajer di skuad Inggris tak akan memengaruhi keinginan untuk tetap membela negaranya di turnamen internasional.

“Saya sudah pernah mengatakannya sebelum turnamen dan telah berulang kali mendapat pertanyaan yang sama. Saya tegaskan, saya bangga bermain untuk tim nasional Inggris,” ucap Rooney seperti dilansir situs 90min.

“Kita lihat saja nanti siapa yang menjabat sebagai manajer selanjutnya. Jika masih dipanggil, saya akan tetap tampil,” lanjut pesepak bola kelahiran Liverpool itu.

Kegagalan memalukan

Di sisi lain, Rooney mengakui tersingkirnya Inggris dari Piala Eropa 2016 setelah kalah dari Islandia merupakan fakta yang memalukan.

“Sungguh sulit. Mereka mencetak dua gol dan kami tidak bisa menyamakan kedudukan. Hasil ini sangat sulit diterima dan begitu memalukan,” tutur Rooney.

“Kami tahu Inggris adalah tim yang lebih baik. Kami telah mencoba menciptakan banyak peluang, sayangnya tak mampu menorehkan kemenangan,” kata kapten tim nasional Inggris tersebut.

Hingga saat ini, Rooney telah mengoleksi 115 penampilan dan mencetak 53 gol bagi The Three Lions. Ia adalah pemain aktif yang tercatat paling sering memperkuat Inggris.

Namun, secara keseluruhan, rekor Rooney masih berada di bawah catatan penampilan Peter Shilton, yang mencapai 125 selama periode 1970 hingga 1990.

Di sisi lain, Rooney masih menyandang status sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang masa bagi Inggris. Rata-rata golnya mencapai angka 0,46 per pertandingan.

Sumber; Kompas.com

 



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *